Tata Cara Permohonan Informasi

Tata Cara Permohonan Informasi Publik:

  • Melakukan Permohonan Secara Online :
  1. Mengakses Web PPID Gampong Ujung Batee https://ppid.ujungbatee.desa.id
  2. Mencari Data yang di perlukan di halaman website
  3. JIka data tidak di temukan maka pemohon harus melakukan Login terlebih dahulu.
  4. Untuk melakukan Login pemohon di wajib kan mendaftar sebagai Anggota PPID Gampong Ujung Batee.
  5. Setelah pemohon mendapatkan Username, pemohon baru bisa login menggunakan email yang telah terdaftar.
  6. Pemohon informasi dapat Mengajukan Informasi Publik tentang data yang di perlukan dengan mengisi Formulir secara Online. Atau mendownload formulir permohonan DISINI
  7. Pemohon akan menerima tanda bukti permohonan di kirim kan melalui email pendaftaran pemohon.
  • Melakukan Permohonan Secara Ofline
  1. Pemohon Mengajukan Permohonan Secara Langsung ke Kantor Publik Pemerintah Gampong Ujung Batee yang beralamat Jln, Nasional Tapaktuan-Medan KM 16 Gampong Ujung Batee Kec. Pasie Raja Kab Aceh Selatan Provinsi Aceh Kode Pos : 23755
  2. Pemohon akan mendapatkan Formulir di website https://ppid.ujungbatee.desa.id atau di meja layanan PPID Gampong Ujung Batee secara langsung.
  3. Pemohon Mengisi formulir permohonan dengan melampirkan Foto copy identitas diri (KTP) kepada petugas, menyebutkan informasi yang dibutuhkan serta alasan pengajuan Jika Pemohon Perorangan.
  4. Pemohon Mengisi formulir permohonan dengan melampirkan Foto copy identitas Organisasi kepada petugas, menyebutkan informasi yang dibutuhkan serta alasan pengajuan Jika Pemohon berbentuk Organisasi.
  5. Pemohon menerima tanda terima Pengajuan Permohonan JIka Permohonan Informasi Publik harus dilaksanakan Proses.
  6. JIka Data Informasi Publik Langsung di dapatkan, pemohon akan mendapakan tanda terima data Informasi Publik.

 

BIAYA:

    Tidak dipungut biaya untuk memperoleh salinan informasi

    Tersedia jasa pengalihan media informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pemohon dan fasilitas.

 

Adapun hak-hak bagi pemohon informasi berdasarkan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik No. 14/2008 adalah sebagai berikut :

  1. Pemohon Informasi berhak untuk meminta seluruh informasi yang berada di Badan Publik kecuali :
    1. Informasi yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi dapat:
      • Menghambat proses penegakan hukum;
      • Menganggu kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan perlindungan dari persaingan usaha tidak sehat;
      • Membahayakan pertahanan dan keamanan Negara;
      • Mengungkap kekayaan alam Indonesia;
      • Merugikan ketahanan ekonomi nasional;
      • Merugikan kepentingan hubungan luar negeri;
      • Mengungkap isi akta otentik yang bersifat pribadi dan kemauan terakhir ataupun wasiat seseorang;
      • Mengungkap rahasia pribadi;
      • Memorandum atau surat-surat antar Badan Publik atau intra Badan Publik yang menurut sifatnya dirahasiakan kecuali atas putusan Komisi Informasi atau Pengadilan;
      • Informasi yang tidak boleh diungkapkan berdasarkan Undang-undang.
    2. Badan Publik juga dapat tidak memberikan informasi yang belum dikuasai atau didokumentasikan.
  2. Pastikan anda mendapat tanda terima permintaan informasi berupa nomor pendaftaran ke petugas informasi/ppid.
  3. Bila tanda terima tidak diberikan tanyakan kepada petugas informasi alasannya, mungkin permintaan informasi anda kurang lengkap
  4. Pemohon Informasi berhak untuk mendapatkan pemberitahuan tertulis atas diterima atau tidaknya permohonan informasi dalan jangka waktu 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi oleh Badan Publik.
  5. Badan Publik dapat memperpanjang waktu untuk memberi jawaban tertulis 1 x 7 hari kerja.
  6. Biaya yang dikenakan bagi permintaan atas salinan informasi berdasarkan Peraturan Pimpinan Badan Publik.
  7. Apabila Pemohon Informasi tidak puas dengan keputusan Badan Publik (misal menolak permintaan anda atau memberikan hanya sebagian yang diminta), maka pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada atasan PPID dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja sejak di permohonan informasi ditolak.
  8. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan tertulis atas keberatan yang diajukan Pemohon Informasi selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak keberatan tertulis yang diajukan oleh Pemohon Informasi diterima.
  9. Apabila Pemohon Informasi tidak puas dengan keputusan Atasan PPID, maka pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada Komisi Informasi dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak tanggapan dari atasan PPID diterima oleh Pemohon Informasi Publik.